Sabtu, 01 Maret 2014

Klausa Dependen dan Independen dalam Kalimat Bahasa Inggris

Klausa Dependen dan Independen dalam Kalimat Bahasa Inggris - masih belajar bahasa inggris, untuk artikel yang kali ini saya +Dede Sulaiman akan mengajak membahas mengenai penggunaan klausa dependen dan klausa independen.

Klausa Dependen dan Independen dalam Kalimat Bahasa Inggris

Klausa Dependen dan Independen dalam Kalimat Bahasa Inggris 

Klausa atau disebut dengan clause merupakan kelompok kata yang mempunyai struktur berupa subjek serta predikat. Namun, klausa tidak bisa selalu dikategorikan sebagai sebuah kalimat utuh. Klausa bisa menjadi klausa utama (independen) serta klausa pembantu (dependen)

Contohnya :

Saya menyukai gadis yang kulitnya berwarna coklat.

Kalimat di atas, terdiri dari dua klausa.
Klausa pertama: Saya menyukai seorang gadis.
Klausa kedua: Gadis yang berkulit cokelat.

Klausa pertama merupakan klausa utama sedangkan yang kedua merupakan klausa pembantu. Ini karena klausa yang pertama mampu berdiri sendiri di dalam kalimat. Anda bisa lihat bahwa kalimat, saya menyukai seorang gadis, tidaklah rancu apabila ia tidak dilengkapi dengan klausa pembantu.

Sementara kalimat kedua, gadis yang berkulit cokelat, bukanlah merupakan kalimat karena strukturnya ambigu. Ada apa dengan gadis yang berkulit cokelat? Kenapa dengan gadis yang berkulit cokelat? Tidak jelas bukan dengan kalimat tersebut? So, itulah mengapa kalimat kedua disebut dengan klausa tambahan atau hanya berperan sebagai klausa pembantu semata. 
 
Klausa independen tidak harus selalu berada di depan. Ia bisa berada di tengah, di depan, dan dibelakang. Contohnya ada di kalimat yang kedua, the boy who is standing over there is my brother. The boy is my brother merupakan klausa independen, sedangkan klausa tambahan adalah the boy who is standing over there.

Anak kalimatnya berada diawal bukan? Lalu bagaimana cara menentukan bahwa itu adalah klausa tambahan? Di dalam bahasa Inggris, klausa tambahan biasa diawali dengan who, where, when, whom, dan whose. Dalam bahasa Indonesia, kata-kata tersebut berarti yang. Coba perhatikan lagi contoh di bawah ini:
 
I know the boy whom you love. (Saya kenal laki-laki yang kamu cintai.)

My older brother will always respect people who respect him first. (Kakakku akan selalu menghormati orang yang menghormatinya lebih dulu.)

Yang saya garis bawahi merupakan klausa dependen atau klausa pembantu. Bagaimana, sudah lebih mengerti mengenai klausa dependen dan indepeden? Semoga bermanfaat :)
PENTING !!! Saya akan memperkenalkan Ebook Cara Cepat Berbahasa Inggris, ebook ini saya rekomendasikan buat anda pelajar SMP, SMA, Mahasiswa bahkan orang tua yang ingin lancar berbahasa inggris. Jika ingin tahu caranya seperti apa ? silahkan langsung saja KLIK gambar DIBAWAH INI 
http://goo.gl/8Mf1TO

thumbnail
Judul: Klausa Dependen dan Independen dalam Kalimat Bahasa Inggris
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait bahasa inggris mudah, cepat, panduan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz